: Sambutan Dekan Atas Terbitnya Jurnal Idea Hukum

Jurnal ilmiah keberadaannya sangat dibutuhkan dalam rangka meningkatkan akademik atmosfer. Bagi dunia akademik, menerbitkan artikel ilmiah di jurnal ilmiah menjadi sebuah kewajiban. Berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 152/E/T/2012 hal Publikasi Ilmiah mewajibkan lulusan setelah Agustus 2012 untuk menghasilkan makalah yang terbit di jurnal ilmiah. Surat Edaran tersebut keluar sebagai upaya untuk mendorong peningkatan publikasi ilmiah di Indonesia yang saat ini masih belum menggembirakan.

 

Lahirnya Jurnal Idea Hukum memberikan harapan besar untuk meningkatkan jumlah publikasi ilmiah di Indonesia. Jurnal ini memfasilitasi para mahasiswa Magister Hukum Fakultas Hukum Unsoed pada khususnya serta penulis lain di luar Unsoed untuk mempublikasikan artikel ilmiahnya.

 

Fakultas Hukum Unsoed saat ini memiliki terbitan berkala ilmiah Jurnal Dinamika Hukum yang sudah terakreditasi nasional oleh Dirjen Dikti dan terindeks di berbagai data base jurnal, baik yang skala nasional ataupun internasional. Semoga kedepan Jurnal Idea Hukum dapat mengikuti jejak langkah Jurnal Dinamika Hukum untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiahnya.

 

Selaku pimpinan fakultas saya mengharapkan kepada para akademisi, baik mahasiswa S1, S2, S3 serta Dosen untuk mempublikasikan artikel ilmiahnya antara lain di jurnal Idea Hukum ini. Ide-ide saudara-saudara sekalian sangat berarti dalam mengembangkan ilmu khususnya di bidang ilmu hukum. Apa arti sebuah hasil pemikiran ilmiah apabila tidak dituliskan dan dipublikasikan yang pada akhirnya dibaca dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

 

Akhirnya saya ucapkan selamat kepada para pengelola Jurnal Idea Hukum dan selamat kepada Fakultas Hukum Unsoed atas terbitnya jurnal ilmiah ini. Semoga jurnal ini akan bermanfaat bagi kita semua.

Dekan,

Dr. Angkasa, S.H., M.Hum.