EFEKTIVITAS PENEGAKAN HUKUM TERHADAP DUGAAN PELANGGARAN PERATURAN DAERAH NOMOR 6 TAHUN 2012 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH DI KABUPATEN BANYUMAS

dwi anggun prasetyo

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mereview efektivitas penegakan hukum terhadap dugaan pelanggaran Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah di Kabupaten Banyumas serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Peraturan Daerah ini mengatur norma-norma yang ditaati oleh masyarakat, namun pada kenyataannya masih terdapat dugaan-dugaan pelanggaran yang dilakukan. Penegakan hukum terhadap dugaan pelanggaran tidak berjalan efektif karena pengaruh faktor kendala lembaga pelaksana (legal structure) yakni jumlah personil yang terbatas, kemampuan serta integritas petugas yang kurang serta hubungan koordinasi antarinstansi yang tidak maksimal


Full Text:

PDF

References


Angkasa, Rili Windiasih, Ogiandhafiz Juanda, Efektivitas Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual Sebagai Hukum Positif Dalam Perspektif Viktimologi, Jurnal USM Law Review Vol 4 No 1 Tahun 2021.

Arief, Barda Nawawi, 2002, Kebijakan Hukum Pidana, Bandung : Citra Aditya Bakti.

Hadjon, Philipus M., dkk., 2001, Pengantar Hukum Administrasi Indonesia, , Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Cipta Karya, 2015, Pengembangan Pengelolaan Persampahan / 2015, Panduan Penyelenggaraan Infrastruktur Permukiman, Volume 4.

Raharjo, Satjipto, 1985, Hukum dan Masyarakat, Cetakan Terakhir, Bandung : Angkasa.

Soekanto, Soerjono, 1985, Efektivitas Hukum dan Peranan Sanksi, Bandung : Remadja Karya.

------, 1986, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penegakan Hukum, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.20884/1.jih.2022.8.2.313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL IDEA HUKUM (ISSN Online: 2442-7241 | ISSN Print: 2442-7454) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Preserved in LOCKSS, based at Stanford University Libraries, United Kingdom, through PKP Private LOCKSS Network program.